Minggu, 20 November 2011

Ibu, Aku Mau Sekolah !

Filled under: ,




Ibu aku mau sekolah ! aku ingin menjelajahi dunia ini lewat buku dan diskusi diskusi, lewat imajinasi dan mimpi mimpi. aku tak hanya sekedar sekolah ibu, aku juga ingin merantau. ingin di tempa alam dan lautan, di hujani makian dan hina di negeri orang, aku ingin merantau juga ibu, kelak saat aku dewasa. dan aku akan menjadi manusia sesungguhnya, ibu. takkan sia sia air susu dan keringatmu yang menumbuhkan aku. 

ibu, aku tidak butuh bangunan sekolah yang bagus, aku juga tidak butuh ruangan kelas yang cantik, berwarna warni dengan tempelan wajah presiden yang tidak aku kenal, rumus rumus dan alpahabet di setiap sudut dinding.  di pinggir sawah pun tidak masalah, di halaman Meunasah pun bukan halangan karena bukan gedung sekolah yang megah yang aku butuhkan.

aku hanya butuh buku, ibu. buku yang bisa menemaniku kala musim keumeukoh padee di sawah bersama ayah. buku yang bisa membuatku tertawa, menangis dan berimajinasi kala menunggui ibu pulang dari ladang.

aku juga butuh ibu bapak guru, ibu. yang bisa menuntunku, yang bisa menjawab segala pertanyaanku, yang bisa memenuhi rasa keingintahuan akan dunia luar.

tapi semua itu hanya angan, ibu. semangat ku selalu menggebu setiap memakai sepatu dan seragam putih ini.  setiap hari aku pergi ke sekolah, namun hanya kesenyapan ruangan yang aku dan teman temanku temui. kami iri ibu, dengan teman - teman yang ada di kota, yang sudah mengenal komputer, game online, dan bisa dengan mudah mendapatkan buku.

Lihatlah aku ibu, dan teman temanku. tak usah jauh kami bermimpi mempunyai perpustakaan sendiri. bahkan sekedar meja dan kursi tempat kami berimajinasi pun tidak ada, . tapi kami tak permasalahkan itu ibu, tapi bagaimana kami bisa belajar tanpa sosok guru ? tak ada diskusi di sekolah kami ibu, tak ada anak anak yang riang gembira dengan mulut komat kamit menghafal kali kali dan bagi bagi, atau anak yang berebutan mengacungkan tangan saat di tanya siapa nama ayah nabi Muhammad SAW.


Setiap pagi ibu, kami menanti kedatangan guru guru kami, dengan mata berbinar, seragam bersih, pot bunga dan pinsil yang masih baru. kami menanti setiap pagi ibu, tapi ternyata tidak ada. kadang hanya ada 1-2 guru honorer yang datang, itupun harus mengajar dari kelas 1 sampai kelas 6. Aku ingin sekolah Ibu !

kami bosan bermain main bu, tak ada yang bisa kami lakukan di sekolah. maka kami memutuskan bermain di pantai, mencari mangga yang matang. ah... ibu, ini lebih menyenangkan daripada menunggu guru yang tak kunjung datang.


ibu, aku mau sekolah! kami tidak butuh seragam. kami tidak butuh ruangan kelas yang cantik, kami tidak butuh gedung sekolah yang bagus, tapi kami butuh buku dan guru yang bisa membimbing kami.
Ibu... biarkan alam menjadi gedung kami, dan hamparan laut dan bukit menjadi kelas kami..

0 komentar:

Posting Komentar