Senin, 01 Juli 2013

Aneuk Nanggroe, Kita kah ?

Filled under: ,

Aceh, Bangsa mulia. Bangsa yang memperjuangkan Syariat Islam. Bangsa yang tidak takut berkorban nyawa demi agama. torehan dan predikat tersebut sudah menjelma dalam setiap benak aneuk nanggroe. Syair Prang sabii adalah lagu sehari hari, Rencong di pinggang dan Alquran di tangan. tak segan segan berlakon pungoe menyerang pos pos penjagaan belanda sendirian, bermodal bambu runcing dan iman di dada. itulah gambaran Aneuk Nanggroe Aceh. Dulu.





Saya mencoba berani membuka mata, melihat anak bangsa sekarang, melihat saya sendiri yang tak pernah absen mengikuti detik demi detik pergantian tahun, hanya untuk menunggu jam menunjukkan tepat pukul 00 : 00  tanggal 1 Januari. atau saya dan Anak anak bangsa yang menabung sebulan demi membeli bantal berbentuk hati berwarna merah muda dan coklat bertulisakan "Happy Valentine" untuk sang pacar.

tapi saya, anak bangsa meugah dan teulebeh ateuh rueng donya ini, jarang sekali terbangun tengah malam untuk ber tahajjud, jarang sekali saya anak bangsa ini berjuang memperoleh kemuliaan lailatul qadr, Jarang sekali anak bangsa ini Bersedeqah, bahkan anak bangsa ini, seringkali lupa pada kewajiban seorang muslim.

Menyambut Ramadhan, saya melihat saya sendiri dan anak anak bangsa, berpesta pora, beriuh riuh di pantai, di kedai kedai, bahkan di halaman rumah kami sendiri. gelak tawa tak terbendung, kami anak bangsa ini berlaku seperti tak akan dapat menikmati "kebebasan" ini nanti ketika kami berpuasa, kami bersembunyi di balik kata " menyambut datangnya ramadhan", kami ingin terlihat seperti orang yang bahagia dengan datangnya Ramadhan. entahlah, apakah kami benar benar bahagia, ataukah kami takut. namun kami lebih takut untuk mengakuinya.


Pantaskah menyebut diri Aneuk Nanggroe? Bijeeh pahlawan?

Anak bangsa, Kita adalah penerus bangsa mulia ini, kita tidak akan menodai tanah yang pernah merah oleh darah para Indatu dan teungku teungku. Tidak akan pernah kita  mengkhianati mereka.

Tidak akan pernah !

0 komentar:

Posting Komentar