Jumat, 30 September 2011

Sejarah Peradaban Islam di Aceh

Filled under:



 

Pendahuluan

Dari dulu sampai sekarang  Aceh tetap saja menarik  untuk menjadi suatu  bahasan dan penelitian baik yang dilakukan oleh lembaga-lembaga luar maupun dalam negeri, para sejarawan, akademisi, dan mereka yan menaruh minat dibidang sejarah yang diwujudkan dalam suatu karya ilmiah. Hal ini tidak terlepas  dari kekayaan  budaya yang dimiliki Aceh, perjuangan dalam mermpertahankan  kedaulatan wilayah dengan berdirinya kerajaan-kerajan di Aceh yang kemudian dapat disatukan menjadi sebuah kerajaan besar yang disegani, menguasai  wilayah-wilayah  yang sangat produktif   dan jalur perdagangan di pantai barat dan sebagian pantai timur pulau Sumatera. Kekuatan militer dan hubungan luar negeri serta dinamika - sikap heroisme yang dimiliki orang-orang Aceh yang tetap mengadakan perlawanan terhadap tekanan-tekanan pihak luar. 

Dalam konteks budaya dapat kita cermati gerakan-gerakan tarian Aceh. Penari wanita dan pria semua memiliki gerakan-gerakan yang tegas tapi tidak kaku.  Gerakan kepala, bahu,  ayunan tangan, langkah-langkah-langkah kaki, iringan musik dan lirik terlihat begitu nyata tanpa alunan yang lembut dan mendayu-dayu seperti tarian Jawa atau Bali. Penyertaan Aceh dalam sejarah meskipun telah dimulai pada priode “mesolitikum”   namun yang  paling  menonjol ialah sesudah masuknya Islam di Aceh dan berdirinya Kerajaan Islam yang pertama.

Peradaban dan Kebudayaan

Untuk menempatkan arti yang tepat   maksud dari kedua  kata tersebut yang kadang-kadang sangat sulit dibedakan, baiklah kita coba memahami keterangan Dr. Badri Yatim, M.A. dalam bukunya yang berjudul  “Sejarah Peradaban Islam”. (Dalam perkembangan ilmu antropologi sekarang, kedua istilah itu dibedakan. Kebudayaan adalah bentuk ungkapan tentang semangat dalam suatu masyarakat. Sedangkan manifestasi-manifestasi  kemajuan mekanis dan teknologis lebih berkaitan dengan  peradaban. Kalau kebudayaan lebih banyak direfleksikan  dalam seni, sastra, religi (agama) dan moral,  maka peradaban terefleksi dalam politik, ekonomi dan teknologi).

Selanjutnya Prof. Ali Hasjmi  dalam bukunya “Kebudayaan Aceh  dalam Sejarah” memberikan definisi tentang kebudayaan sebagai berikut, “Kebudayaan yang menjelma dari serba kebutuhan manusia ,adalah manifestasi akal budi dan hatinurani manusia, sehingga dengan demikian kebudayaan berarti : a. penjelmaan akal,  b. penjelmaan rasa, penjelmaan cita.
Keterangan diatas kiranya sudah cukup untuk menyentuh arah dari tulisan ini yang terfokus pada Kerajaan Samudra Pasai di Aceh. Prof. Dr. Musrifah Susanto dalam bukunya “Sejarah peradaban Islam di Indonesia”  dalam kata pendahuluannya langsung saja membahas tentang materinya tanpa harus terikat  dengan istilah-istilah tersebut  diatas.

Masuknya   Islam  ke Indonesia

Masuknya Islam ke  Indonesia telah membawa perubahan yang sangat besar dalam peradaban  dan kebudayaan yang tercatat dalam sejarah. Dibandingkan dengan agama lain, Islam lebih banyak memberikan nilai-nilai tentang kehidupan maka dengan sangat mudah dapat diterima karena tidak ada unsur-unsur  paksaan.  Islam  membangun rasa intelektualitas pemeluknya sesuai dengan wahyu yang pertama diturunkan kepada Nabi Muhammas SAW yaitu “Iqrak, bismi rabbikallazi chalaq”.  Ini menjadi suatu kerangka untuk  membangun sebuah peradaban berdasarkan keimanan yang kukuh.

Dalam Seminar Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia yang dilangsungkan di Medan pada 17 -20 Maret 1963, telah diambil  kesimpulan bahwa Islam masuk untuk pertama kalinya ke Indonesia pada abad ke 1  Hijriyah dan langsung dari Arab. Daerah yang pertama didatangi Islam ialah pesisir Sumatera dan pertama berada di Aceh.  Ada pendapat-pendapat  yang menyatakan  bahwa Islam telah masuk lebih awal ke Barus, atau ke Aru (Deli)  karena di tepi pantai  dan merupakan pelabuhan  niaga  yang disinggahi kapal sauidagar Arab dan Parsi.

Kerajaaaan Samudra Pasai sebagai pusat peradaban

Keberadaan Kerajaan Samudra Pasai (abad 13 M)  sebagai kerajaan Islam  pertama telah menjadi suatu pusat peradaban di Nusantara dalam langkah-langkah pengembangan agama Islam  pada masa pemerintahan Malikus Saleh dan penerusnya yang  telah membuahkan hasil gemilang dengan berdirinya beberapa kerajaan Islam di pulau Jawa. Samudra Pasai  tidak saja menjadi pusat niaga yang disinggahi oleh para pedagang yang datang dari India, Parsi, Arab  dan Cina tetapi  juga menjadi peradaban dan pusat pendidikan Islam.  

Setelah kerajaan Islam ini berdiri, perkembangan masyarakat muslim di Malaka makin lama makin meluas dan pada awal abad ke-15 M, di daerah ini lahir kerajaan Islam, yang merupakan kerajaan Islam kedua  di Asia Tenggara. Ibnu Batutah seorang pengembara asal Maroko pada tahun 1345 mengunjungi Pasai  dalam perjalanannya   dari  Delhi ke Cina pada masa pemerintahan Sulthan Malik Al-Zahir.  Ibnu  Batutah menyatakan bahwa Islam sudah hampir satu abad lamanya disiarkan disana.  Ia meriwayatkan kesalehan, kerendahan hati, semangat keagamaan rajanya yang seperti rakyatnya,mengikuti mazhab Syafi’i . Berdasarkan beritanya pula. Kerajaan Samudra Pasai ketika itu merupakan pusat studi agama Islam dan tempat berkumpul para ulama-ulama dari berbagai negeri Islam untuk mendiskusikan berbagai masalah keagamaan dan keduniaan.
                    
Sebelumnya  tahun 1292 pada masa pemerintahan Sulthan Malikus Saleh telah singgah pula di Samudra Pasai seorang pengembara bangsa Venecia yang banyak menghabiskan waktunya di Mongolia dan Cina. Sementara Cheng Ho penjelajah bangsa Cina yang beragama Islam juga pernah singgah di Kerajaan Samudra Pasai (antara tahun 1413 – 1415 ?) dia menyerahkan sebuat lonceng besar  yang kemudian dinamakan ‘Cakra Donya” kepada Sulthan Aceh.   Demikian ketenaran Samudra Pasei masa itu yang menarik minat para penjelajah dunia  untuk  menyinggahinya.

Gambaran mengenai kemajuan Pasai oleh Dr. Badri Yatim, MA disebutkan  bahwa dalam kehidupan perekonomiannya, kerajaan maritim ini tidak mempunyai  basis agrararis. Basis perekenomiannya  adalah perdagangan dan pelayaran. Pengawasan terhadap perdagangan  dan pelayaran itu merupakan sendi-sendi  kekuasaan  yang memungkinkan kerajaan memperoleh penghasilan dalam pajak  yang besar. Tome Pires menceritakan, di Pasai ada mata uang dirham. Dikatakannya bahwa setiap kapal yang membawa barang-barang dari barat dikenakan pajak 6 %.  Samudra Pasai pada waktu itu ditinjau dari segi geografis dan sosial ekonomi,  memang merupakan  suatu daerah yang penting sebagai penghubung antara pusat-pusat perdagangan yang sangat penting. Adanya mata uang dirham di Samudra Pasai pernah diteliti oleh H.J. Cowan untuk menunjukkan bukti-bukti sejarah raja-raja Pasai. Mata uang tersebut menggunakan nama –nama Sulthan yang memerintah kerajaan

Kemasyhuran Samudra Pasai yang mengandalkan perniagaan maritim telah mengundang perhatian pihak lain untuk menguasai Samudra Pasai dan menjadikan daerah taklukan mereka.  Dalam masa pemerintahan Sulthan Zainal Zainul Abidin Malikuz Zahir kerajaan Mojopahit menyerang Pasai  dibawah pimpinan Patih Nala, dengan bekerja sama dengan kerjaan Siam, dimana dengan tipu daya yang licik utusan Raja Siam menculik Sulthan Zainul  Abidin. Karena tidak tahan peperangan yang dilakukan   rakyat/tentara, akhirnya bala tentara Majapahit terpaksa meninggalkan Pasai, dengan membawa sejumlah tawanan,  tawanan mana kemudian menjadi pembawa Islam pertama ke pulau Jawa.  

Apa yang telah dicapai oleh Kerajaan Samudra Pasai  dimasa kejayaannya merupakan manifestasi dari sebuah peradaban yang diserap ketika Islam telah menjadi agama yang  yang diyakini oleh orang-orang Aceh. Kemajuan Samudra Pasei disamping pemerintahan yang kuat juga memilik lembaga-lembaga yang teratur,  ekonomi yang stabil,  ilmu pengetahuan yang berkembang ditandai dengan banyaknya ulama dan penuntut  ilmu yang datang mengajar dan belajar di Kerajaan Samudra Pasai.  Setiap permasalahan agama yang timbul  di kerajaan-kerajan Islam di Jawa dan Malaka kerap kali meminta fatwa dari ulama-ulama  Pasai.

Setelah jatuhnya Pasai ke tangan Portugis pada tahun 1521 maka pusat peradaban pun berpindah ke kerajaan Aceh Darussalam dibawah pemerintahan sulthan-sulthan yang kuat dimasa itu.  Sementara ada pula putra-putra Pasai yang meninggalkan tanah kelahirannya pergi merantau ke Jawa salah satu diantaranya adalah Fatahillah atau dengan nama lain Syarif Hidayatullah yang menjadi Panglima Perang Kerajaan Islam  Demak. Setelah tiga tahun dikuasai Portugis,  Pasai  dapat dibebaskan dari cengkraman Portugis kemudian disatukan dalam pemerintahan Kerajaan Aceh Darussalam.  

Sulthan-sulthan Kerajaan Samudra Pasai :
KERAJAAN SAMUDRA/PASAI
433- 831 H  - 1042 -1427 M
Tahun Kekuasaan

Nama  Sulthan
Hijriyah
Miladiyah
433 - 470
1042 - 1078
Maharaja Mahmud Syah  (Meurah Giri)
470 - 527
1078 - 1133
Maharaja Mansyur Syah
527 - 550
1133 - 1155
Maharaja Khiyassyuddin Syah
550 - 607
1155 - 1210
Maharaja Nurdin Sulthan      Al-Kamil
659 – 688
1261 - 1289
Sulthan Malikus Salih
688 – 725
1289 - 1326
Sulthan Muhammad Malikud Dhahir
725 – 750
1326 - 1350
Sulthan Ahmad Malikud Dhahir
750 – 796
1350 - 1394
Sulthan Zaulabidin Malikud Dhahir
796 – 801

Maharaja Nagur Rabath Abdul kadir Syah
801 – 831
1400 - 1427
Nihrasiyah Rawangsa Khadiju

1513
Sulthan Abdullah
Ali Hasjmi – Kebudayaan Aceh Dalam Sejarah                                      
Penutup

Apa yang telah dicapai oleh kerajaan Samudra Pasai adalah gambaran sebuah peradaban yang penuh nilai-nilai sehingga sampai sa’at ini tidak henti-hentinya orang datang ke lokasi situs sejarah  yang terletak di Kecamatan Samudra, Aceh Utara.  Pada  tanggal 28 Januari yang lalu serombongan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Palembang melakukan studi tour ke Aceh melihat situs-situs sejarah yang ada di Aceh. Penulis sempat berjumpa dengan rombongan itu di Mesjid Agung Saree ketika hendak shalat subuh.  Mereka mengagumi kegemilangan Aceh masa lalu yang sangat kuat dengan armada lautnya. Kerajaan Islam Peureulak pernah di serang oleh kerajaan Sriwijaya pada tahun 986 M dan mendudukinya selama beberapa tahun, namun tidak meninggalkan pengaruh apa-apa dalam peradaban.  Aceh tetap saja Aceh yang sangat lekat dengan norma-norma agama Islam.

Eksistensi Samudra Pasai selama 482 tahun dan Kerajaan Darussalam 400 tahun tentulah sangat kental dengan  nilai-nilai sejarah dan ini telah terbukti dengan karya-karya yang disadurkan oleh penulis asing dan penulis kita sendiri seperti H. Muhammad Said,  H. M. Zainuddin, Ali Hasjmi  dan lain-lain. 

Gambaran diatas tentang peradaban merupakan sebuah cuplikan yang dapat penulis sajikan dari sekian banyak kekayaan dan nilai-nilai  yang dimiliki oleh Aceh, tentu saja belum menyintuh kepada permasalahan  yang lebih dalam,  disana-sini mungkin terdapat kekurangan yang memerlukan penyempurnaan  lebih lanjut.  Sebagai bangsa Aceh yang memilik sejarah   besar dan sikap hidup yang dinamis dan heroik  hendaknya  dapat menatap  sejenak akan masa lalu untuk mengambil sebuah sikap dan tekad untuk membangun Aceh yang baru,  jujur, ulet dan berkualitas.  Sejarah adalah sebuah cermin pengkoreksian.

di sampaikan pada Dikpoldem
Saree School, 12 Februari 2011

*peminat sejarah aceh, tinggal di IDI
 

Bahan bacaan :
1)  Dr. Badri Yatim, M.A. – Sejarah Peradaban Islam,  PT. RajaGrafindo Persada- Jakarta
2)  Ali Hasjmi – Kebudayaan Aceh Dalam Sejarah, Penerbit Beuna 1983 - Jakarta
3)  H. M. Said – Aceh Sepanjang Abad, Waspada 1961 –[  Medan)
4). H.M. Zainuddin – Tarich Aceh dan Nusantara, Pustaka Iskandar 1961 – Medan
5). Prof. Dr. Mustrufah Sunanto -  Sejarah Peradaban Islam Indonesia, PT. RajaGrafindo Persada- Jakarta
6). Prof. Dr. Hamka – Sejarah Umat Islam, Pustaka Nasional Pte.Ltd, 2005 Cet.Kelima, Singapore
7). Paul Michael Munof – Kerajaan-Kerajaan Awal Kepulauan Indonesia, Mitra Abadi 2009, Jakarta.

Posted By UnknownJumat, September 30, 2011

Kamis, 29 September 2011

Dilematis ; Syariat Islam dan Visit Banda Aceh Year 2011

Filled under:





Sejak akhir Januari lalu kemeriahan tampak sudah di kota ini, hingar bingar di kota banda Aceh mengusik malam yang dingin, tak tanggung tanggung, mulai dari hiruk pikuk acara sekaliber Aceh fair, yang menghadirkan Para Pesohor Negeri semisal Ust. Jefri Al Bukhari, sampai Raja Dangdut Rhoma irama hadir meramaikan hajatan mega besar tersebut. Juga ada festival kebudayaan di peunayong, yang mempertunjukkan atraksi memikat dari barongsai barongsai dan beberapa kebudayaan masyarakat tiong hoa lainnya. Sampai pada Pameran Pameran IT dan Event Event besar lain yang membuat sebagian penduduk kota banda aceh larut dalam euphoria yang jarang terjadi di Aceh akhir akhir ini.
Setelah sekian lama di tunggu tunggu, program “Visit Banda Aceh year” akhirnya benar benar di kukuhkan juga pada tahun 2011 ini. Hal ini seolah menjadi pembuktian pada dunia bahwa pantai pantai Aceh tak kalah saing dengan pantai di Karibia, ombaknya pun seindah ombak di Gold Coast. Bahkan mungkin, sungai lamnyong tempat mahasiswa menonton pertunjukan laying laying nanti akan di sulap menjadi sungai yang gemerlapan bak sungai Thames di London agar menarik bagi para wisatawan.



Dengan di permudah oleh Visa on Arrival di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, berbagai macam orang dari seluruh dunia akan dapat menikmati keindahan alam dan keunikan budaya yang tak bosan bosannya di sampaikan pada kampanye VISIT Banda Aceh 2011.
Tujuan Program ini tentu saja penguatan pembangunan Ekonomi dengan mengkoleksi valuta asing dan menambah peredaran uang di banda aceh, jika hal ini benar benar seperti yang di rencanakan, maka sudah bisa di pastikan banda aceh akan menjadi kota yang mapan dalam waktu yang relatif singkat.
Dalam melihat sebuah fenomena, tentu di perlukan metodologi dalam menganalisanya agar tidak salah kaprah, dalam hal ini penulis mengamati langsung fenomena ini dan mewawancarai beberapa masyarakat sekitar yang daerahnya kemungkinan besar menjadi tempat wisata internasional. Selain itu juga di gunakan beberapa data sekunder dari internet dan beberapa surat kabar.

Tulisan ini mencoba melihat sejauh mana kira kira pengaruh program wisata ini membawa pengaruh negative terhadap moral dan budaya masyarakat kota banda aceh khususnya, dan masyarakat aceh pada umumnya.
Membayangkan Banda Aceh menjadi kota wisata adalah membayangkan Peselancar Negro dari Australia berambut gimbal dan bertelanjang dada menenteng papan selancar di Lampuuk, melihat Mahasiswa Amerika dengan dandanan ala Gypsi yang lebih mirip gelandangan sedang kepedasan menyantap Mie Aceh, atau melihat gadis gadis dari Jepang dengan dandanan Ala Harajuku berfoto di depan Mesjid Baiturrahman.

Melalui web-site pemerintah daerah, pemkot banda aceh menjelaskan bahwa, agar wisatawan yang berkunjung dapat menghormati nilai nilai islam maka pemkot akan meningkatkan dan memberdayakan sumber daya manusia pelaku wisata seperti pemandu wisata dan Da`I wisata agar dapat memberikan masukan dan nasehat dengan cara sangat santun, sehingga menimbulkan kesan baik bagi wisatawan.
Dalam slogan slogan dan baliho yang terpampang hampir di seluruh penjuru kota, Banda Aceh sebagai “ Spiritual Gateway Blessed with Natural Beauty “ pada akhirnya menjadi pintu gerbang bagi apa yang biasanya hanya bisa di lihat di Televisi ataupun Internet. Dapat di pahami bahwa ini adalah dampak langsung dari program Visit Banda Aceh year 2011.

Namun ternyata, dampak langsung ini di rasakan sangat meresahkan bagi sebagian besar masayarakat kota banda aceh dan juga pemerintah kota sendiri. Masih segar dalam ingatan kita beberapa bulan yang lalu, para Punkers dengan rambut Mohawk, jaket berduri dan piercing hampir di sekujur tubuh di tangkap satpol – PP dan terus mendapatkan kecaman dari berbagai pihak Karena di nilai tidak sesuai dengan tata karma masyarakat Aceh, di anggap sebagai penyakit dalam masyarakat ( Serambi Indonesia, 12/02/2011) yang di khawatirkan dapat menular, makanya harus segera di tangkap dan di serahkan ke SPN Seulawah agar dapat di bina.

Melalui program yang di buat pemerintah kota Banda Aceh, arus deras wisatawan yang masuk ke aceh selain menjadi “sumbangan devisa” juga menjadi “sumber penyakit masyarakat yang sesungguhnya”. Lebih jauh di rasakan, kemungkinan besar anak anak muda aceh tidak hanya terpengaruh ideologi punk, namun juga akan terjadinya perilaku sex bebas, bahkan terhadap sesama jenis, memunculkan kembali gagasan Negara komunis , gaya hidup hedonism dan berfoya foya sampai dengan meningkatnya kembali penyebaran virus HIV / AIDS.

Sejauh mana rencana pemerintah kota dengan pengadaan da`I wisata dapat membendung semua itu ? apakah wisatawan yang memakai baju tanpa lengan, berambut gimbal, bertindik dan sekujur tubuhnya di penuhi tattoo akan di tangkap satpol PP karena di anggap merupakan injeksi yang tidak sehat bagi masyarakat ?



Posted By UnknownKamis, September 29, 2011